Saya tidak menyangka, bahwa tubuh saya yang penuh lipatan lemak juga bisa berlari sejauh 42.195 kilometer. Perlu kamu tahu, saya tidak hobi berlari. Hobi saya adalah rebahan dan scroll timeline twitter pada setiap akhir pekan. Saya pun belum pernah mengikuti event lari. Jadi bisa dibilang, berlari marathon di Maybank Bali Marathon 2019 adalah sebuah keputusan impulsif.

Memang betul, agar bisa sukses berlari marathon dengan riang gembira dan finish strong kamu mesti mempersiapkan jauh-jauh hari, sehingga badan kamu akan terbiasa saat berlari jauh dan ini bisa mengurangi risiko cedera.

I am not an expert, but videos below can sums up tips for you if you are planning to run marathon for the first time.

Meskipun lari adalah olahraga murah, tetapi ikut event marathon membutuhkan budget yang tidak murah. Saya harus terbang dari Jayapura ke Bali, membayar biaya registrasi, menyewa penginapan, transportasi lokal, dan masih banyak printilan lainnya pada saat proses persiapan yang membutuhkan budget tidak sedikit. Kamu tentunya ingin benar-benar menikmati dan menjadikan maratahon sebagai pengalaman menyenangkan. Ya, konsekuensi paling rasional adalah kamu harus memiliki persiapan matang dan dipersiapkan jauh hari sebelumnya.

Pain is inevitable, but suffering is optional. Percaya deh, semua proses latihan kamu yang berbulan-bulan akan terasa manis saat kamu berhasil finish di bawah cut off time. It surely feels rewarding.

Kalau bisa mengulang marathon di Bali, saya tentunya berharap bisa finish di bawah 7 jam (cut off time). Saya finish dengan catatan waktu 07:10. Meski begitu, tidak mengurangi rasa bangga saya kepada diri sendiri karena sudah berhasil finish tanpa cedera.

Apabila di tahun depan kamu berencana ikut Maybank Bali Marathon 2020, berikut beberapa catatan yang mungkin bisa membantu persiapan kamu.

  1. Milikilah kartu kredit Maybank atau numpang kartu kredit Maybank orang lain agar kamu bisa dapat diskon biaya registrasi. Kamu bahkan bisa mendapatkan slot gratis dengan melakukan penempatan dana (fresh fund) dengan nominal tertentu. Karena biaya slot marathon MBM 2019 apabila beli normal adalah 900 ribu. Sebuah angka yang sebaiknya bisa dialokasikan ke biaya akomodasi.
  2. Bookinglah penginapan yang dekat dari venue. Kalau bisa kamu mulai hunting penginapan ini saat official date sudah release. Meskipun panitia menyiapkan shuttle bus, saya merasa opsi ini tidak terlalu efektif. Penginapan dekat venue membuat kamu bisa lebih tenang, dan dapat beristirahat sedikit lebih lama. Kusarankan kamu booking melalui Agoda karena listingnya lebih banyak dan free cancelation apabila tetiba kamu berubah pikiran.
  3. Tidur yang cukup. saya harus membuat hurufnya tebal, karena ini penting! Saya tidak tidur 2 malam. Pertama karena H-2 saya harus flight pagi menuju Denpasar, dan saya deg-degan bablas kalau tidur. H-1 saya tidak bisa tidur karena deg-degan dan kepikiran terus menerus. Menurut saya, nervous ini lumrah, tapi kamu akan jauh lebih nervous apabila kamu merasa kurang persiapan.
  4. Have fun. Don’t worry too much. Saat flag off, senyum dan berlarilah dengan riang gembira. Have a positive mantra and repeat it over and over.
  5. Bagi yang muslim tidak usah khawatir, di kilometer 5 disediakan tempat wudhu dan sholat subuh. Tidak usah bawa sarung mukena saat berlari, panitia pun sudah menyiapkan.

Semoga masih diberi umur panjang dan bisa bertemu lagi dengan Maybank Bali Marathon 2020. Karena Apabila kamu virgin marathoners (pelari marathon kali pertama) dan ingin berdiskusi lebih banyak, silakan komen aja di bawah, kuusahakan punya waktu untuk membalasnya satu-satu.

Sampai jumpa!

Credits: Saya ingin berterima kasih kepada pacarku Cendi yang selalu memberikan semangat sehingga misi personal berlari marathon ini bisa terwujud.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.